Pokdarwis Medokan Ayu Kerja Bakti di Lokasi Wisata Keramang Surabaya

Surabaya – Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan karena masih meningkatnya terpapar Covid-19 di Kota Surabaya setiap harinya, anggota Pokdarwis Medokan Ayu Kel. Medokan Ayu Kec. Rungkut Kota Surabaya melaksanakan Kerja Bhakti untuk membersihkan lokasi Boozem Medokan Ayu yang satu wilayah dengan rencana Keramang (Kebun Raya Mangrove) Surabaya yang konon kabarnya Keramang Surabaya ini adalah Mangrove terbesar se Asia [26|07|2020].

Pariwisata adalah salahsatu jenis usaha yang kini menjadi primadona warga desa/kelurahan. Faktanya, hanya dalam beberapa tahun saja perkembangan wisata kelurahan dan kelurahan wisata, luar biasa. Siapakah sebenarnya yang beraksi hingga menciptakan lompatan besar ini, salahsatunya Pokdarwis alias Kelompok Sadar Wisata. Apa itu Pokdarwis dan siapa sajakah mereka?

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah lembaga yang didirikan warga masyarakat Kelurahan/desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah setempat mereka serta mewujudkan Sapta Pesona. Kepariwisataan ini diharapkan bakal meningkatkan pembangunan daerah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga sekitar.

Pokdarwis adalah kelompok yang bergerak secara swadaya artinya pengembangan kepariwisataan yang dilakukan di desa itu bersumber dari kekuatan kelurahan sendiri dengan segala potensinya. Pokdarwis juga harus membangun dirinya secara swakarsa alias menciptakan pengembangan berdasar potensi kreativitas yang mereka miliki karena merekalah yang memiliki kuasa atas pengembangan kelurahan dengan segala sumber daya yang mereka miliki.(admin|*)