Persiapan Wisata Keluarga BOZEM Medokan Ayu - Surabaya, ada apa disana ?

Surabaya – Dengan adanya rencana Pemerintah Kota yang menciptakan Wisata tingkat Asia yang diberi nama “Kebun Raya Mangrove Surabaya” maka segera berbenah diri sejak awal baik itu masyarakatnya maupun lembaga sosial swadaya masyarakatnya. Diawali dengan pembangunan Bozem di wilayah Kelurahan Medokan AYu Kecamatan Rungkut Kota Surabaya ini telah banyak yang bisa dinikmati oleh keluarga untuk berwisata dilokasi tersebut dengan spot-spot yang telah dipasang di area Bozem Medokan Ayu yang terletak di Jl. Medokan Sawah Timur area Mangrove Medokan Ayu. Pemandangan yang sangat indah berada di Wisata Bozem ini yang tidak sedikit warga masyarakat sekitar yang mengunjungi Wisata yang belum 100% fasilitasnya terpenuhi dan masih dalam tahap pengembangan hingga saat ini. Meskipun fasilitas belum maksimal terpenuhi, namun telah begitu banyak pengunjung yang mendatangi Wisata di Pamurbaya (Pantai Timur Surabaya) tersebut, baik itu dari TNI, POLRI, Perguruan Tinggi, Komunitas Cinta Alam dan lainnya (29/07/2020).

Bozem istilahnya hampir sama dengan danau buatan atau waduk, bozem tersebut akan berfungsi untuk penampungan air sehingga masalah genangan air yang terjadi karena tidak adanya tempat tampungan air, bisa teratasi. Terlebih di kawasan perumahan, sistem drainase di perumahan sejak dulu kebanyakan hanya saluran tersier di depan rumah. Jarang sekali ada saluran sekunder. Karena surabaya dekat dengan laut, ketika musim kemarau, ini bisa jadi penetrasi air di bawah tanah supaya air laut tidak masuk. Karena air bawah tanah kita kalau kering, bisa terjadi intrusi air laut. Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Medokan Ayu tyelah terbentuk dengan SK (Surat Keputusan Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Surabaya Nomor:188.45/1479/436.7.19/2020 tanggal 09 Maret 2020 lalu, sejak saat itu Pengurus Pokdarwis melakukan koordinasi dan diskusi melalui Grup WhatsApp karena masih dalam wabah Pandemi Covid-19.

Humas dan Pengembangan SDM Pokdarwis, Mikhael Markus mengatakan ; “Bozem atau waduk itu dibuat juga untuk menanggulangi banjir di pemukiman warga, jika waduk yang dibuat bisa di dwi fungsikan menjadi obyek wisata, membudi dayakan ikan dan lainnya, masyarakat akan terkena imbasnya juga agar roda perekonomian mereka berjalan. Yang jadi masalah adalah kurang sadarnya diri masyarakat yang buang sampah sembarangan, untuk itu diharapkan bozem atau waduk buatan tidak menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat, percuma saja bila niatnya untuk menanggulangi banjir malah banyak sampah yang pasti akan membuat banjir, karena aliran air tersendat, juga maksudnya sekaliogus dibuat wisata tapi kotoran sampah masih banyak, harapan kami marilah kita sama-sama jaga kebersihannya,” harap Markus.        

Dengan kesadaran masyarakat yang tinggi bozem akan berfungsi sebagaimana mestinya. Lurah Medokan Ayu, Ahmad Yardo Wifaqo, S.AP., M.AP mengatakan, “bozem ini bukan hanya tempat penampungan air, bukan hanya untuk sebatas wisata tetapi ke depan juga menjadi pusat interaksi warga Medokan Ayu dalam mengembangkan SDM yang harapan kami dapat lebih meningkat lagi dari sebelumnya. Baik itu dari ekonomi maupun UMKM yang telah berjalan selama ini dengan adanya wisata Bozem Medokan Ayu ini akan memberikan suara warna baru di wilayah kami”, jelas Yardo. H. Tamsir, Ketua Pokdarwis Medokan Ayu sedang mempersiapkan beberapa Program kedepannya untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat Medokan Ayu juga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang nantinya akan datang ke Wisata Bozem Medokan Ayu, “Selain mengedukasi tentang Bozem, PR kami adalah bagaimana kami mampu menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk dating ke Wisata Bozem Medokan Ayu ini” jelasnya.

Beberapa manfaat Bozem bila dikelola dengan baik dan benar:               

1. Menyimpan Cadangan Air
Bozem dapat menampung air dalam jumlah banyak yang sangat diperlukan untuk rumah tangga, industri, pertanian, dan lain sebagainya. Dengan adanya bozem cadangan air dapat tetap tersedia saat kemarau terjadi.
2. Mencegah Banjir       
Bozem dapat membantu mengatur debit air yang dialirkan melalui sungai atau saluran air. Hal ini dapat mencegah debit air berlebihan yang melewati sungai atau saluran air saat musim hujan tiba, sehingga dapat mencegah terjadinya banjir.
3. Menjadi Tempat Wisata
Banyak orang yang senang menikmati keindahan alam di danau dan sekitarnya. Jika suatu daerah dibangun sebuah bozem yang merupakan danau buatan, maka tempat ini dapat menjadi objek wisata yang menyenangkan. Lingkungan sekitar bozem seringkali digunakan sebagai tempat piknik, memancing, berkemah, naik perahu, dan lain sebagainya.
4. Menyediakan Tempat Budidaya Perikanan   
Sebagai danau buatan, bozem menyediakan lahan yang sesuai untuk budidaya perikanan. Banyak waduk yang digunakan sebagai lahan keramba jaring apung.
5. Menjadi Tempat Konservasi Tumbuhan dan Hewan.
Danau buatan menyediakan lahan untuk berkembangbiaknya tumbuhan air dan hewan air. Bozem yang luas memungkinkan tumbuhan air dapat tumbuh subur dan hewan liar dapat hidup lebih aman.
6. Menyediakan Arena Olahraga Air
Beberapa jenis olahraga air sangat ideal dilakukan di danau. Bozem adalah danau buatan yang dapat dijadikan arena olahraga air seperti renang bebas, dayung, dan ski air.
7.Menyediakan Sumber Daya Hayati yang Dapat Dimanfaatkan.          
Bozem sebagai danau buatan bisa di tebar bibit untuk sumber daya hayati berupa tumbuhan dan hewan yang dapat dimanfaatkan seperti ikan, udang, pepohonan disekelilingnya dan lain sebagainya.

(Sumber|admin|*)