Lurah Medokan Ayu Safari ke Posyandu Serentak, Apa Posyandu itu?

Surabaya – Posyandu dimulai terutama untuk melayani balita (imunisasi, timbang berat badan) dan orang lanjut usia (Posyandu Lansia), dan lahir melalui suatu Surat Keputusan Bersama antara Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dicanangkan pada sekitar tahun 1986.

Legitimasi keberadaan Posyandu ini diperkuat kembali melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah tertanggal 13 Juni 2001 yang antara lain berisikan “Pedoman Umum Revitalisasi Posyandu” yang antara lain meminta diaktifkannya kembali Kelompok Kerja Operasional (POKJANAL) Posyandu di semua tingkatan administrasi pemerintahan. Penerbitan Surat Edaran ini dilatarbelakangi oleh perubahan lingkungan strategis yang terjadi demikian cepat berbarengan dengan krisis moneter yang berkepanjangan.

Posyandu dikembangkan atas prakarsa Presiden Soeharto pada tahun 1984, Posyandu dulu pernah menjadi kebanggaan rakyat. Setiap bulannya, rakyat berbondong-bondong mendatangi Posyandu yang dikelola berbasiskan komunitas. Tenaga sukarelawan kesehatan di Posyandu—yang telah mendapatkan pelatihan dari dinas kesehatan setempat—memberikan panduan kesehatan bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Selain itu, Posyandu juga memberi vaksinasi dan makanan suplemen kepada bayi dan balita. Posyandu juga menjadi media deteksi dini kasus-kasus malagizi dan kekurangan gizi pada bayi dan balita.

Seperti yang dilaksanakan hari ini, Rabu 12/02/2020 Posyandu serentak termasuk di wilayah Kelurahan Medokan Ayu Kecamatan Rungkut Kota Surabaya yang bertempat di seluruh RW wikayah Medokan . Nampak beberapa Balai RW dipenuhi para balita yang mendapatkan pelayanan dari petugas Posyandu. Para petugas Posyandu safari disetiap Balai RW mendampingi Lurah Medokan Ayu, Ahmad Yardo Wifaqo, S. AP,. M. AP yang langsung turun lapangan untuk memonitor sekaligus memberikan vitamin pada salah satu balita yang hadir bersama Bundanya masing-masing.

Setidaknya, lima manfaat di bawah ini akan didapatkan dengan berkunjung ke Posyandu.

1. Penimbangan berat badan rutin
2. Mendapatkan Vitamin A untuk Mama dan Si Kecil
3. Tumbuh kembang Anak terpantau dengan baik
4. Interaksi langsung dengan Kader Kesehatan
5. Berbagi oengalaman sesama Mama.
(Admin)