KKN COVID-19 UPN “VETERAN” JAWA TIMUR KELOMPOK 5 DI KEL. MEDOKAN AYU
Surabaya – Perguruan Tinggi memiliki peran penting untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, memiliki kemampuan IPTEK sekaligus peka dan peduli terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Kepedulian tersebut diwujudkan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekaligus merupakan sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dan nilai tambah dalam mengindentifikasi, merumuskan sekaligus memecahkan semua permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan secara langsung terjun dan menjalani kehidupan di tengah tengah masyarakat. Dalam pelaksanaannya, KKN memadukan teori dan praktek. KKN wajib mengandung unsur Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu:
  • Pendidikan,
  • Penelitian dan
  • Pengabdian kepada Masyarakat.
Selain itu kegiatan KKN juga mengandung beberapa aspek lainnya seperti:
(1) bersifat komprehensif dan multidisiplin;
(2) lintas sektor; dan
(3) melibatkan peran aktif masyarakat.
Pada tahun 2020 ini, KKN di UPN “Veteran” Jawa Timur terutama untuk kegiatan KKN Reguler ada pembatasan ruang gerak akibat pandemi COVID-19 di Indonesia. Pandemi COVID-19 yang ditetapkan sejak bulan Maret 2020 oleh Pemerintah Indonesia, mengakibatkan perubahan paradigma di semua lini kehidupan masyarakat, termasuk di bidang pendidikan.
Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Surat Edaran Nomor: 262/E.E2/KM/2020 menetapkan bahwa selama pandemi COVID-19 semua proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Hal ini kemudian juga berdampak pada pola / model pelaksanaan KKN. Kegiatan KKN pada kondisi normal (sebelum terjadi pandemi COVID-19) dilakukan secara langsung dengan menerjunkan mahasiswa ke daerah–daerah, namun sekarang hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan. Oleh sebab itu agar kegiatan KKN ini dapat berjalan sesuai dengan Kalender Akademik UPN “Veteran” Jawa Timur, maka dilakukan strategi alternatif pelaksanaan KKN dalam bentuk daring (dalam jaringan). Bentuk KKN daring ini selanjutnya diberi nama KKN Regular COVID-19.
Kegiatan KKN Regular COVID-19 dapat dimanfaatkan sebagai sarana penanggulangan permasalahan yang timbul di berbagai sektor akibat pandemi COVID-19. Pelaksanaan kegiatan KKN Regular COVID-19 selama masa pandemi COVID-19 merupakan salah satu bentuk kepedulian UPN “Veteran” Jawa Timur untuk berkontribusi dalam pencegahan dan penanganan COVID-19. KKN Regular COVID19 secara daring ini didesain sebegitu rupa sehingga tidak mengurangi kualitasnya dan setara dengan kegiatan KKN Regular dalam kondisi normal. Detail tentang kegiatan KKN Regular COVID-19 dituangkan dan diatur pelaksanaannya di dalam buku Petunjuk Teknis KKN Regular COVID-19 UPN “Veteran” Jawa Timur. (tim kkn|admin)