Arti Jumat Berkah beberapa RT di Medokan Ayu - Surabaya

Surabaya – Kegiatan Jumat berkah yang di tradisikan dari beberapa RT (Rukun Tetangga) di Medokan Ayu untuk bermanfaat bagi sesama serta bagi yang membagikan Jumat Berkah, dari baksos (Bhakti Sosial) yang dilaksanakan oleh RT03 RW02. Baksos tersebut berupa nasi kotak yang dibagikan kepada warga yang tidak mampu didatangi dari rumah ke rumah oleh Ketua RT beserta timnya.

Kegiatan yang sama juga dilakukan oleh warga Perumahan Taman Rivera Regency RT08 RW01 setiap hari Jumat, dan kali ini nasi bungkus berjumlah 450 telah terbagikan pengguna jalan di wilayah sekitar perum. Taman Rivera Rengency (24/01/2020).

Setiap hari Jumat, biasanya saling mengingatkan tentang keutamaan hari Jumat yang penuh berkah (barokah). Apa arti Jumat Berkah atau Jumat Mubarok? Ringkasnya, Jumat Berkah artinya hari Jumat itu penuh kebaikan dan keutamaan. Jumat adalah hari khusus bagi umat muslim, memaksimalkan ibadah atau amal kebaikan, seperti sedekah yang pahalanya dilipatkgandakan oleh Allah SWT.

Hari Jum’at adalah hari raya bagi umat Islam, “Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk umat slam. Barangsiapa yang mendatangi (shalat) Jum’at maka hendaklah mandi, kalau mempunyai wewangian hendaknya dia pakai dan pergunakan siwak.” (HR. Ibnu Majah).

Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”. Menurut istilah, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali, Ensiklopedia Tasawuf, hlm. 79).

Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan usia.

Dalam Syarah Shahih Muslim karya Imam Nawawi disebutkan, berkah memiliki dua arti, Pertama, tumbuh, berkembang, atau bertambah. Yang kedua, Kebaikan yang berkesinambungan.

(Mark|admin|sumber)